TOMCAT (Coleoptera staphylinidae)


SEKILAS TENTANG KEHIDUPAN TOMCAT (Coleoptera staphylinidae)
Tomcat atau Rove Beetles memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang 7-8mm. Rove Beetles memiliki kepala hitam dengan dada orange/merah (tepat di belakang kepala). Sebagian besar warna tubuh dari serangga ini adalah hitam dengan area hitam metalik dan mengkilap yang menutupi sayap dan bagian ekor tubuhnya juga berwarna orange/merah dengan pita ekor yang meruncing.
Tempat atau Sarang Tomcat (Rove Beetles) yang Bisa Ditemukan Tomcat atau Rove tersebar secara luas di negara-negara timur seperti Australia, Malaysia, dan Indonesia. Biasanya serangga ini tinggal di tepi atau dipinggir sungai. Selama hujan lebat atau banjir, Tomcat dapat bermigrasi ke daerah yang lebih kering. Diwaktu siang hari, serangga ini dapat kita temui dan kita lihat merangkak ditanah, dengan cara menyembunyikan sayapnya dan bisa menyerupai semut.
Seperti halnya semut, kehidupan dari Rove Beetles adalah berkelompok. Dimana setiap kelompok memiliki serangga pekerja, serangga penjaga atau serangga yang khusus berkembang biak. Begitupun dengan Tomcat. Tomcat dewasa pekerja atau pengembara adalah predator serangga lainnya. Pada malam hari, Tomcat sering kita temui disekitar rumah kita khususnya dan biasa disekitar lampu.
Varian Dari Tomcat
Tomcat memiliki banyak varian, jika terkenan gigitan Tomcat ini, kulit akan mengalami merah semacam luka bakar di bagian muka, sebenarnya Tomcat ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Cairan dari Tomcat ini dikenal beracun dan disebut sebagai ‘aederin’ (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan dari Tomcat ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Saat anda bersentuhan dengan hewan ini, Tomcat secara otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei , handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.
Menurut info, serangan Tomcat ini biasanya terjadi saat kita sedang tertidur, Tomcat akan merayap tempat tidur, selimut, bantal, baju dan saat tomcat ini hinggap di kulit, tanpa kita sadari, kita menyentuhnya dan saat inilah serangan Tomcat mulai beraksi dengan mengeluarkan cairan dari tubuhnya.
Ciri-ciri tomcat
Serangga ini memiliki ciri fisik yang cukup menarik. Dia memilik bentuk fisik seperti semut namun tergolong dalam keluarga kumbang. Kumbang ini memiliki kepala berwarna hitam dengan dada dan perut yang berwarna orange sedangkan warna sayapnya adalah kebiruan. Warna-warna mencolok pada badannya berfungsi sebagai peringatan bagi predator bahwa serangga ini beracun sedangkan panjang tubuh hewan ini adalah 7-10 milimeter. Menurut guru besar ilmu serangga dari institut pertanian bogor (IPB), Aunu Rauf di kompas.com, serangga ini tidak terlalu asing bagi masyarakat dan di beberapa wilayah di Indonesia. Menurutnya hewan ini adalah spesies kumbang Pederus Fuscipes. Orang-orang biasanya menyebut kumbang ini dengan nama semut kanai atau semut kayap di beberapa wilayah Indonesia. Aunu juga menyebut bahwa nama tomcat diambil mungkin karena bentuknya yang sekilas mirip dengan pesawat tomcat F-14 milik Amerika. Tomcat juga adalah nama obat di luar negeri yang digunakan untuk mengontrol hama hewan pengerat dan juga lem semut. Dalam bahasa inggris kumbang jenis ini biasa disebut Rove Beetle. Serangga ini masuk dalam keluarga Staphylinidae yang terdiri dari ribuan genus dan kurang lebih terdapat 46.000 spesies. Tomcat masuk dalam salah satu genus Paederus. Total spesies yang masuk dalam genus ini ada 12. Meskipun hewan ini beracun namun keberadaan hewan ini juga membawa manfaat bagi petani. Biasanya mereka tertarik dengan cahaya lampu oleh sebab itu hewan ini masuk ke dalam komplek kediaman warga.
Baru baru ini serangan serangga Mungil yang terkenal dengan nama Tomcat telah menyerang ratusan korban penghuni di perumahan dan apartemen di Surabaya, awa Timur. Tomcat atau Rove Beetle, menjadi momok menakutkan tidak hanya bagi warga Surabaya bahkan sudah ada warga Bekasi, Jawa Barat, yang mengaku diserang si Mungil berbahaya ini.
Apa yang menyebabkan Tomcat menjadi serangga yang menakutkan? 
Kumbang ini, Tomcat (latin: Paederus riparius) mempunyai ukuran kurang daripada 1 cm panjang. Badannya berwarna kuning gelap di bagian atas, bawah abdomen dan kepala berwarna gelap. Bagian tengah abdomen yang berwarna hijau tua mempunyai sepasang sayap keras. Biasanya, Tomcat ini kelihatan merangkak di kawasan sekeliling dengan menyembunyikan sayapnya dan dalam sekali pandang ia lebih menyerupai semut. Apabila diganggu, Tomcat akan menaikkan bagian abdomen supaya kelihatan seperti kala jengking untuk menakutkan musuh yang Menyebabkan Reaksi Kulit.
 Nama                         : Kumbang ROVE
Nama Saintifik          : Staphylinidae (Insecta: Coloeptera: Staphylinidae)
Nama Tempatan       : Semut Semai, Semut Kayap.
Jika kulit mengalami kontak dengan serangga ini, kulit akan terasa terbakar, memerah dan beberapa hari kemudian akan muncul nanah di bagian tengahnya. Bila serangga ini hinggap di kulit, jangan dimatikan dengan menepuknya. Sebab cairan serangga ini akan mengeluarkan racun. Cukup ditiup hingga pergi. Segera bersihkan kulit dengan air sabun anti septik dan salep anti gatal atau anti biotik. 
Jangan menggaruk luka, karena racun bisa berpindah ke bagian lain kulit. Segera ke dokter jika terkena gigitan serangga ini. Dengan pengobatan dokter, umumnya luka akan membaik dalam 10 hari hingga 3 minggu.
Untuk pengobatannya, gunakan saja Salep Acyclovir 5% yang bisa didapatkan di Toko Obat / Apotek terdekat. Pasalnya karena dianggap sama dengan dompo tak jarang yang diobati dengan obat antivirus baik topikal maupun oral. Penggunaan obat tradisional semacam daun bobokan atau lidah buaya juga kurang dianjurkan. Pasalnya, bisa saja malah menyebabkan alergi. Sebab seharusnya diobati dengan obat anti radang dan apapun jenis herpesnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin.


Efek serangan Tomcat
Serangga jenis Tomcat tiba-tiba menyerbu Surabaya, tepatnya di Apartemen East Coast, Pakuwon City Jalan Kejawan Putih. Serangga yang juga dikenal dengan sebutan kumbang Rove ini datang dengan jumlah yang diperkirakan mencapai jutaan.
Muncul pertama kali pada Selasa (13/3) pagi kemarin, Tomcat sudah memakan beberapa korban. Korban yang diserang Tomcat mengalami luka bentol, bengkak, dan luka merah yang bernanah bening. Pertama terkena serangan Tomcat, terasa panas dan seperti dibakar api.
Bila terkena cairan beracun Tomcat, kulit akan bereaksi seperti terkena cacar air. Akan timbul bercak merah, kemudian bengkak. Selain rasa gatal, penderita juga akan merasakan panas seperti terbakar. Jika dibiarkan lebih lama tanpa penanganan, maka akan timbul borok seperti luka bakar. Untuk itulah sangat penting untuk melakukan pertolongan pertama yang benar pada penderita gigitan Tomcat. Karena jika luka tambah parah, maka akan semakin sulit menghilangkan bekas luka termasuk penanganan kesembuhannya. Direktur Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Kementerian Kesehatan RI, Tjandra Yoga Aditama, mengimbau masyarakat untuk tidak perlu resah.
Jika ruam terjadi setelah terjadi kontak dengan serangga ini: 
1.  Jika anda bersentuhan dengan serangga ini, segera cuci bagian yang terkena dengan sabun dan air. 
2.   Mereka yang mengalami reaksi kulit yang parah hendaklah mendapat perawatan medis.
3. Bagi penderita yg mengalami perbanyakan ruam, pastikan tiada lagi serangga ini ditempat tidur dan tutup semua jendela ketika menjelang malam. 
4. Bahan antiseptik seperti larutan potassium permanganate (KMnO4) boleh digunakan untuk mencuci. 
5. Bahan antiseptik dicampur dengan krim steroid dengan kekuatan rendah dapat  mengurangi luka yg telah pecah.





Komentar

  1. Water Hack Burns 2lb of Fat OVERNIGHT

    At least 160,000 women and men are losing weight with a easy and secret "liquids hack" to burn 1-2 lbs each and every night as they sleep.

    It is very easy and works all the time.

    Here are the easy steps for this hack:

    1) Grab a glass and fill it up half glass

    2) And now learn this strange hack

    you'll be 1-2 lbs thinner the very next day!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI GURU EFEKTIF

MAKALAH KAWIN KONTRAK